Nah pada artikel ini kami khusus akan mengulas cara melamar kerja via email.
Sebelum
kami ulas mengenai cara melamar pekerjaan via email. Tentu anda harus
paham konsep email itu sendiri. Sederhananya email adalah surat
elektronik pengganti surat yang biasa kita kirim melalui post.
Prinsipnya sama, tetap ada etika dan aturannya. Perhatikan ulasan
mengenai cara melamar pekerjaan via email berikut :
Tips melamar kerja lewat email yang pertama : Singkat dan jelas
Menuliskan "judul" dalam surat lamaran kerja melalui email harus dengan kalimat singkat dan jelas. Sebagai contoh untuk menuliskan judul tersebut ,"Lamaran untuk Posisi Sekretaris manager". Perhatikan juga serta jangan lupa untuk membaca dengan teliti iklan lowongan kerja yang sangat sering meminta kepada pelamar untuk mencantumkan kode tertentu dalam judul atau perihal email lamaran kerja Anda.
Tips melamar kerja lewat email yang kedua : Cantumkan foto
Jangan lupa mencantumkan foto dalam lamaran kerja Anda. Tetapi perlu diingat bahwa Anda tidak perlu menggunakan foto dengan tingkat resolusi yang paling baik. (gunakan foto yang standar saja, skali klik langsung terbuka gak pake nunggu.). Karena Justru hal tersebut akan semakin mempersulit pihak HRD atau tim seleksi ketika akan membuka file foto Anda.
Tips melamar kerja lewat email yang ketiga : Gaya bahasa
Melamar kerja bukanlah sedang menulis artikel atau sedang ngeblog. Dalam menuliskan surat lamaran kerja, gunakan gaya bahasa yang singkat dan sederhana tetapi sangat jelas, gak usah bertele2 atau mengulang2 maksud anda, HRD bukanlah orang bodoh, Tidak akan ada staf HRD yang mau membuang-buang waktu serta berlama-lama guna membaca surat lamaran kerja dengan kalimat yang panjang dan bahasa yang puitis bak sastrawan. Jika Anda menulisnya hingga sampai dua halaman seperti artikel maka siap-siaplah untuk tidak menerima panggilan wawancara.
Tips melamar kerja lewat email yang keempat : Data diri lengkap
Satu hal yang tidak kalah penting adalah mencantumkan biodata. Maka cantumkan biodata Anda dengan lengkap dan berdasarkan data yang sebenar-benarnya. Hal-hal yang perlu dicantumkan dalam biodata Anda misalnya adalah tempat dan tanggal lahir, alamat rumah, nomor telpon genggam dan nomor telepon rumah jika ada dan data-data lain yang diperlukan untuk menjelaskan status Anda.
Hal yang musti harus di lakukan sesudah mengirimkan surat lamaran kerja lewat email, tentu saja harus rajin atau sering membuka email yang masuk. Untuk antisipasi bahwa Anda segera mendapatkan balasan dan Anda mengetahuinya.
Hari-hari ini melamar pekerjaan baik persahaan swasta maupun negeri akan menggunakan media internet. Sehingga apabila anda mengalami kesulitan jangan lantas berputus asa. Segala sesuatu dapat dipelajari dan dilatih, bagi anda yang kurang pengetahuan internet maka bisa baca-baca di blog dan berbagai media lainnya khususnya mengenai kiat melamar pekerjaan.
Salam sukses melamar pekerjaan!
Menuliskan "judul" dalam surat lamaran kerja melalui email harus dengan kalimat singkat dan jelas. Sebagai contoh untuk menuliskan judul tersebut ,"Lamaran untuk Posisi Sekretaris manager". Perhatikan juga serta jangan lupa untuk membaca dengan teliti iklan lowongan kerja yang sangat sering meminta kepada pelamar untuk mencantumkan kode tertentu dalam judul atau perihal email lamaran kerja Anda.
Tips melamar kerja lewat email yang kedua : Cantumkan foto
Jangan lupa mencantumkan foto dalam lamaran kerja Anda. Tetapi perlu diingat bahwa Anda tidak perlu menggunakan foto dengan tingkat resolusi yang paling baik. (gunakan foto yang standar saja, skali klik langsung terbuka gak pake nunggu.). Karena Justru hal tersebut akan semakin mempersulit pihak HRD atau tim seleksi ketika akan membuka file foto Anda.
Tips melamar kerja lewat email yang ketiga : Gaya bahasa
Melamar kerja bukanlah sedang menulis artikel atau sedang ngeblog. Dalam menuliskan surat lamaran kerja, gunakan gaya bahasa yang singkat dan sederhana tetapi sangat jelas, gak usah bertele2 atau mengulang2 maksud anda, HRD bukanlah orang bodoh, Tidak akan ada staf HRD yang mau membuang-buang waktu serta berlama-lama guna membaca surat lamaran kerja dengan kalimat yang panjang dan bahasa yang puitis bak sastrawan. Jika Anda menulisnya hingga sampai dua halaman seperti artikel maka siap-siaplah untuk tidak menerima panggilan wawancara.
Tips melamar kerja lewat email yang keempat : Data diri lengkap
Satu hal yang tidak kalah penting adalah mencantumkan biodata. Maka cantumkan biodata Anda dengan lengkap dan berdasarkan data yang sebenar-benarnya. Hal-hal yang perlu dicantumkan dalam biodata Anda misalnya adalah tempat dan tanggal lahir, alamat rumah, nomor telpon genggam dan nomor telepon rumah jika ada dan data-data lain yang diperlukan untuk menjelaskan status Anda.
Hal yang musti harus di lakukan sesudah mengirimkan surat lamaran kerja lewat email, tentu saja harus rajin atau sering membuka email yang masuk. Untuk antisipasi bahwa Anda segera mendapatkan balasan dan Anda mengetahuinya.
Hari-hari ini melamar pekerjaan baik persahaan swasta maupun negeri akan menggunakan media internet. Sehingga apabila anda mengalami kesulitan jangan lantas berputus asa. Segala sesuatu dapat dipelajari dan dilatih, bagi anda yang kurang pengetahuan internet maka bisa baca-baca di blog dan berbagai media lainnya khususnya mengenai kiat melamar pekerjaan.
Salam sukses melamar pekerjaan!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
thanks..