Catatan Glory Tulaktondok..



Kemanakah arah hidupmu??

Aku masih ingat pesan Papaku ketika aku hendak berangkat ke Bandung 2 tahun yang lalu. " Kuliah yang baik. Jangan Pacaran dulu. Nanti kalu kamu udah punya pacara, kuliahmu bisa terbengkalai. Kuliah dulu yang bagus, jodoh nanti pasti datang." pesan panjang Papaku, yang sekarang sangat aku syukuri....


Udah bukan cerita baru lagi kalau banyak mahasiswa yang kuliahnya menjadi berantakan karena sibuk pacaran. Karena belum pandai membagi waktu antara kuliah dan pacaran, beberapa mahasiswa memilih mengorbankan waktu kuliah demi bisa berduaan dengan sang kekasih. Apalagi banyak orang, duduk dan mendengarkan penjelasan dosen terasa begitu membosankan. Jauhlah lebih menarik duduk di dekat sang kekasih hati dan mendengarkan bicara. Ditambah lagi, sulitnya konsentrasi kalau sudah punya kekasih hati. Perasaan pengen berduaan mulu. Pisah beberapa jam aja terasa begitu menyiksa. Nggak heran, nilai kuliah anjlok dan (IP) indeks prestasi yang di dapat pun rendah. Nggak cuma itu. Banyak mahasiswi yang terpaksa harusninggalin bangku kuliah karena udah hamil duluan. Masa depan cerah digadaikan karena harus mengurus anak. Belum lagi rasa malu yang harus ditanggung karena hamil di luar nikah. Kalau pacar mau bertanggungjawab ya bagus, tapi kalau nggak? Ini kaya' udah jatuh ketimpa tangga.

Masalah sebenarnya sederhana lho, yakni karena kita nggak mampu membagi waktu dan kurang bisa menentukan prioritas dengan baik. Bukan berarti kalau orang pacaran, kuliah pasti hancur. Justru ada banyak mahasiswa yang kuliah lancar, pacaran pun langgeng. Asal bisa menguasai diri dan membagi fokus, keduanya bisa dijalani dengan seimbang. Sayangnya, fokus kuliah inilah bagi banyak oran muda sulit dilakoni kalau sudah punya kekasih hati.

Karena itulah, Alkitab berkali-kali mengingatkan kita buat belajar menguasai diri. Penulis amsal bilang "Orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota" (Amsal 16:32b). Artinya orang-orang seperti in nggak mudah dialihkan fokusnya. Mereka tahu gimana menata hati supaya tujuan atau visi mereka tercapai. Jika kita bisa menguasai diri, sebenarnya memadu kasih selama kuliah nggak akan mengganggu studi kita. Namun, menguasai diri bukannlah perkara gampang. Kita butuh melatih diri.

Salah satu ciri orang yang mampu menguasai diri adalah ia berani berkata tidak terhadap hal-hal yang nggak baik bagi dirinya. Orang-orang seperti ini berani tegas terhadap hal-hal yang membawa dampak buruk baginya. Mereka mampu buat fokus memfokuskan diri hingga tujuan yang ingin dicapai berhasil dengan baik, termasuk dalam hal kuliah dan pacaran. Jika mereka tahu bahwa pacaran itu membawa dampak buruk bagi kulih mereka, mereka nggak segan-segan berkata tidak. Namun, jika mereka yakin bisa membagi waktu dengan baik, mereka akan berusaha dengan sungguh-sungguh supaya sekaliun memadu kasih, fokus buat studi nggak terbagi dan terbengkalai. Nggak heran, mahasiswa seperti ini bsa jadi berkat buat banyak orang.

Selain itu, masa muda adalah masa efektif buat kita belajar melayani Tuhan. Daripada pusing mengisi waktu luang, lebih baik kita belajar melayani Tuhan. Selain menambah banyak teman, kita juga diajar buat mengasah karakter dan berbagi berkat dengan banyak orang. Waktu-waktu kita pun nggak habis buat hal-hal yang kurang efektif. Selain itu dimasa muda juga kita bebas leluasa berelasi dengan siapa saja tetapi ada baiknya jika tetap dalam koridor terkontrol dengan baik. Serta kita bisa menyibukkan diri dengan kegiatan positif dengan hobby yang kita senangi, seperti olaraga, membaca, memasak, traveling, dan lain-lain.

Intinya, kalau kita tahu kita belum mampu buat membagi prioritas dan belum mampu menguasai diri, lebih baik kita menyelesaikan kuliah dengan baik terlebih dahulu. Bagaimanapu, pendidikan adalah hal penting untuk mengantar kita kepada masa depan yang lebih baik. Kita punya kewajiban terhadap orang tua, dan jangan pernah tuk mensia-siakan harapan orang tua kita.

Intinya, jangan korbanin kuliah kita demi kesenangan perasaan yang sesaat, untuk kalian yang sedang single semuanya akan indah pada waktunya, Tuhan akan mengirim seseorang buat kalian diwaktu yang tepat bersama orang yang tepat.

Semoga tulisan ini bermanfaat ya, salam damai & kasih ... Tuhan memberkati :)
Writer by: Glory Tulaktondok_inspirasi @ Dreizehn Room Aspi :)

Apapun pilihanmu, itulah yang sempurna untukmu, saat kamu bisa bertanggungjawab atas pilihanmu itu. (.^_^.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thanks..